Tips Perawatan Genset agar Awet


ArthurTeknik.comTips Perawatan Genset agar Awet | Genset atau generator set merupakan alat yang menghasilkan listrik dari sumber energi lain, seperti bahan bakar minyak (BBM), bensin, solar, atau bahan bakar gas (BBG). Genset sering digunakan sebagai sumber listrik cadangan saat terjadi pemadaman listrik oleh PLN.
Agar genset dapat berfungsi dengan baik dan tahan lama, perlu dilakukan perawatan secara rutin. Berikut adalah beberapa tips perawatan genset yang dapat Anda lakukan:
1. Baca buku petunjuk pengoperasian
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membaca buku petunjuk pengoperasian genset. Buku petunjuk ini berisi informasi penting tentang cara mengoperasikan, merawat, dan memperbaiki genset. Dengan membaca buku petunjuk ini, Anda dapat memahami cara menggunakan genset dengan benar dan merawatnya dengan baik.
2. Periksa bahan bakar
Bahan bakar merupakan salah satu komponen penting yang perlu diperhatikan dalam perawatan genset. Pastikan bahan bakar yang digunakan sesuai dengan spesifikasi yang tertera pada buku petunjuk pengoperasian. Selain itu, periksa juga kondisi bahan bakar secara rutin. Jika bahan bakar sudah kotor atau kadaluwarsa, segera ganti dengan bahan bakar yang baru.
3. Simpan genset di tempat yang kering
Genset harus disimpan di tempat yang kering dan terlindung dari sinar matahari langsung. Tempat penyimpanan yang lembap dapat menyebabkan korosi pada komponen genset. Selain itu, sinar matahari langsung juga dapat merusak komponen genset.
4. Bersihkan genset secara rutin
Genset yang kotor dapat menyebabkan performanya menurun dan rentan mengalami kerusakan. Oleh karena itu, bersihkan genset secara rutin, terutama bagian-bagian yang mudah kotor, seperti radiator, filter udara, dan komponen-komponen lainnya.
5. Panaskan genset secara berkala
Panaskan genset secara berkala, terutama jika genset tidak digunakan dalam waktu lama. Hal ini bertujuan untuk menjaga sirkulasi oli mesin dan mencegah terjadinya karat pada komponen genset.
6. Ganti oli dan filter oli secara berkala
Oli mesin berfungsi untuk melumasi komponen-komponen genset agar dapat bekerja dengan baik. Oleh karena itu, ganti oli mesin dan filter oli secara berkala sesuai dengan jadwal yang tertera pada buku petunjuk pengoperasian.
7. Periksa kondisi aki
Aki berfungsi untuk menyimpan arus listrik yang digunakan untuk menghidupkan mesin genset. Oleh karena itu, periksa kondisi aki secara rutin. Jika aki sudah lemah atau rusak, segera ganti dengan aki yang baru.
8. Periksa kabel-kabel
Kabel-kabel genset harus dalam kondisi baik dan terpasang dengan kencang. Kabel-kabel yang rusak atau longgar dapat menyebabkan korsleting dan kerusakan pada genset.
9. Lakukan servis berkala
Jika Anda tidak yakin atau tidak memiliki waktu untuk merawat genset sendiri, Anda dapat membawanya ke bengkel resmi untuk dilakukan servis berkala. Servis berkala akan dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman dan menggunakan peralatan yang memadai.
Dengan melakukan perawatan genset secara rutin, Anda dapat menjaga genset Anda agar tetap awet dan berfungsi dengan baik. Berikut adalah beberapa tips tambahan yang dapat Anda ikuti:
Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menghemat biaya perawatan genset dan memperpanjang umur genset Anda.
Jl. Lkr. Luar Barat No.88, RT.4/RW.2, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, 11750
 

© 2023 Arthur Teknik. Copyright By PT Arthur Teknik Indoprima

source